Blue Note's

The Live is in your hand

Sabtu, 22 Januari 2011

4 Hal Yang Jarang Terpikirkan Oleh Manusia


       Di dunia ini banyak terdapat hal-hal yg tidak disadari oleh manusia dan tak terpikirkan oleh manusia. Mungkin manusia menganggapnya tidak begitu penting atau bagaimana yg jelas manusia tidak mempedulikannya. Padahal sebenarnya hal itu harus dipikirkan karena menyangkut kelangsungan hidup manusia. Inilah beberapa hal yg jarang dipikirkan oleh manusia menurut pendapat saya.

1.             1.   Sampah
Pernahkah anda memikirkan berapa sampah yg dihasilkan tiap manusia tiap harinya??. Mungkin anda tidak pernah memikirkan sebelumnya tentang hal ini. Sebagai contoh, misalkan satu orang dalam negeri ini menghasilkan sampah sebanyak 100 sampah tiap harinya kalikan saja sama jumlah penduduk seluruh negeri ini itu udah lebih dari cukup untuk menimbun satu kota dengan sampah. Jika sampah itu ditumpuk mungkin tingginya bisa mencapai gunung!!!!



Perlu kita sadari bahwa manusia manusia dibumi ini diciptakan untuk memelihara bumi bukan untuk merusaknya. Jika kita merusaknya dengan banyak menghasilkan sampah bisa saja bumi kita ini seperti gambaran di film animasi WALL – E yg semua penduduk bumi yg ada di orbitkan keluar angkasa karena mereka tidak bisa menempati bumi yg penuh akan sampah yg menumpuk. Sampai-sampai para manusia menjadi lupa akan bentuk dan rupa bumi. Bahkan juga lupa tempat pertama kali mereka tinggal. Ya inilah realita yg perlu dipikirkan oleh semua manusia agar manusia bisa lebih berinovasi utk mengolah sampah yg dihasilkan agar tidak memenuhi bumi ini.

2.      Hujan
Satu tahun terakhir ini Bumi memang mengalami perubahan cuaca yg cukup ekstrim. Buktinya adalah seperti yg terjadi di Negeri Tercinta ini yaitu Indonesia. Indonesia yg terkenal dengan iklim tropisnya, hingga membuat Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu, kemarau dan penghujan tetapi dalam waktu satu tahun terakhir ini cuaca dan musim di Indonesia tak dapat diprediksikan dikarenakan cuacanya sering berubah-ubah. Kemarau yg harusnya panas tapi malah selalu turun hujan ini menujukkan terjadinya ketidakstabilan cuaca. Mungkin sebagian manusia merasa bahwa hawa dari cuaca seperti ini enak karena tidak terlalu panas dan juga dingin. Tetapi apakah anda pernah memikirkan bahwa mungkin suatu hari nanti hujan tidak akan pernah turun lagi??. Pernahkah anda berpikir demikian??. Jika hujan tidak turun lagi apa yang terjadi dengan kehidupan di Bumi ini??. Ini sangat perlu untuk kita pikirkan lebih jauh lagi.



3.      Listrik
Listrik adalah hal yg sangat diperlukan oleh manusia di era ini. Karena di era ini semua alat rata-rata menggunakan energy listrik agar dapat berfungsi, tanpa listrik alat itu tak berguna seperti sampah. Sekarang kita pikirkan berapa biaya dan energy yg telah dikeluarkan untuk memproduksi listrik?. Listrik dapat didapat dari beberapa pembangkit listrik. Dan yg paling murah hanyalah Tenaga Surya. Jika lama kelamaan dengan penggunaan yg sangat konsumtif listrik makin lama akan tidak bisa digunakan lagi. Apalagi jika isu mengenai badai matahari yg akan terjadi Tahun depan yaitu tahun 2012. Dari berbagai sumber yg saya dapatkan badai matahari ini mempunyai energy radiasi yg sangat kuat dan mampu untuk memutus alat komunikasi dan listrik dengan gelombang radiasinya. Dengan kata lain listrik tak mungkin bisa digunakan lagi ketika badai matahari itu dating. Dan berarti kehidupan manusia kembali seperti masa lalu tanpa adanya listrik. Ini sangat perlu juga untuk dipikirkan.

4.      Instropeksi Diri Sendiri




Dan yang terakhir untuk penutup topik ini adalah “INSTROPEKSI DIRI”. Satu kesalahan manusia yg mungkin sulit untuk memperbaikinya yaitu sadar akan apa yg dilakukannya. Kebanyakan manusia tidak sadar apa yg telah mereka lakukan karena mereka hanya berpikir untuk mencapai kesenangan sesaat. Misal ne, ketika kita melakukan hal yg jelas-jelas salah tetapi kita tetap melakukannya padahal kita sendiripun tahu bahwa itu adalh perbuatan yg salah. Seperti saat kita membuang sampah sembarangan, kita tahu bahwa itu adalah perbuatan yg salah tetapi kita tetap melakukannya dan menganggapnya biasa lama kelamaan menjadi kebiasaan yg sangat sulit buat dirubah. Dan akhirnya dampak dari perbuatan kita juga dirasakan oleh orang lain. Pemborosan listrik yg kita lakukan setiap harinya pada akhirnya juga berdampak untuk semua orang. Perlu kita sadari, kita pikirkan, dan kita renungkan sebenarnya kita hidup didunia ini untuk apa??. Kita diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Sempurna itu untuk apa??.
Inilah yang harus dilakukan manusia untuk bumi ini menurut Al – Qur’an :

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Q.S Al-Baqarah : 30)

Dan bila dikatakan kepada mereka:"Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi ". Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan." (Q.S Al-Baqarah : 11)

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.” (Q.S Al-Baqarah : 21)

Penggalan ayat-ayat diatas menunjukkan apa tugas kita di bumi ini. Kita di bumi ini untuk memeliharanya agar tetap baik bukan untuk merusak Bumi ini secara perlahan. Kita adalah Makhluk yg derajatnya paling tinggi disbanding dengan ciptaan Tuhan yg lainnya tetapi tanpa kita sadari perbuatan kita ini bisa membuat kita tampak lebih rendah daripada Makhluk yg lainnya. Apakah pantas kita mendapatkan predikat menjadi Makhluk yg derajatnya tinggi sedangkan kita terus melakukan perusakan terhadap Bumi Ciptaan Tuhan Yang Maha Sempurna ini????. Sesungguhnya kita tidak pantas menerima predikat seperti itu jika kita melakukan hal yg dapat merusak bumi ini. Instropeksilah diri Anda semua masing-masing “APA YANG TELAH KITA LAKUKAN TERHADAP BUMI INI?”.


Demikianlah tulisan dari saya. Semoga tulisan ini Menginspirasikan semua Manusia J
Mohon Tinggalkan Komentar Untuk ini J

0 comments:

Posting Komentar